Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja

Dinas Sosial dan BPJS Sumba Barat lakukan Sosialisasi bagi Warga Binaan LAPAS Waikabubak

Waikabubak_Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Sumba Barat, Eka Pristiwati Suryaningrum dan Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Sumba Barat, Silvia Esterlita Danguwali menyambangi Lapas Waikabubak guna melaksanakan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Rehabilitasi Sosial pada Jumat, (21/05) di Aula Lapas Kelas IIB Waikabubak.

Rombongan disambut langsung oleh Kalapas, Moh. Nur, Kepala Seksi Bimbingan Napi dan Anak Didik, Sjarithul Akbar, serta Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Yulens Leo Dima.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan warga binaan berupa pengadaan Kartu Indonesia Sehat bagi warga binaan yang belum memilikinya. Selain itu, sosialisasi terkait rehabilitasi sosial bagi warga binaan yang sudah bebas namun belum memiliki pekerjaan dan membutuhkan jaminan sosial.

Dalam sosialisasinya, Eka Pristiwati menyampaikan tentang pentingnya memiliki KIS sebagai jaminan kesehatan dan juga alur pembuatan KIS, manfaat KIS, dan penyakit-penyakit yang bisa diklaim oleh BPJS. Sedangkan, dalam penyampaian materi, Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinsos Sumba Barat menyebutkan bahwa, warga binaan bisa mendapatkan perlindungan sosial setelah bebas dan juga sosialisasi terkait alur pengurusan bantuan sosial. Kedua belah pihak berharap agar kegiatan sosialisasi ini dapat dilaksanakan secara rutin.

 

Kegiatan sosialisasi yang dimulai pukul 09.30 hingga 11.00 Wita ini diakhiri dengan pembagian Kartu Indonesia Sehat bagi warga binaan yang belum memilikinya.

Kalapas Waikabubak, Moh. Nur menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya juga memberikan cenderamata hasil karya warga binaan kepada BPJS Sumba Barat dan Dinas Sosial Sumba Barat yang sudah membantu warga binaan Lapas Kelas IIB Waikabubak memperoleh jaminan kesehatan. (HumasLpWkb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.